Nasab,
Tahun, dan Tempat Kelahiran
Nama lengkap Imām
al-Syāfi’ī adalah Abū ‘Abdillah Muhammad ibn Idrīs ibn ‘Abbās ibn Syāfi’ī ibn
Sā’ib ibn ‘Ubaid ibn Yazīd ibn Hāsyim ibn al-Muţţalib ibn ‘Abdi Manāf ibn Quşay ibn Kilāb ibn Murrah ibn Ka’ab ibn
Lu’ai al-Qurasyī. Nasab beliau bertemu dengan nasab Rasūlullāh saw pada ‘Abdu
Manāf, sedangkan al-Muţţalib adalah saudaranya Hāsyim (bapaknya ‘Abdul Muţţalib).
‘Abdu Manāf ibn Quşay kakek kesembilan dari Imām al-Syāafi’ī juga merupakan
kakek keempat dari Nabi Muhammad saw.
Beliau dilahirkan di kota Gaza (masuk kota Asqalān) pada bulan
Rajab tahun 150 H./767 M. pada tahun itu juga Imām Abū Ḥanīfah meninggal dunia.
Dan Imām Syāfi’ī wafat di Mesir pada tahun 204 H./819 M. dalam usia 52 tahun
berdasarkan perhitungan Hijriah, atau 54 tahun dalam perhitungan Masehi.
Pertumbuhan
dan Kehidupan Imām Syāfi’ī
Saat beliau dilahirkan ke dunia oleh ibunya yang tercinta, ayahnya tidak
sempat membuainya karena ajal Allah telah mendahuluinya dalam usia yang masih
muda. Ayahnya meninggal
ketika Syāfi’ī berusia 2 tahun, Syāfi’ī kecil dibawa ibunya ke Mekah. Ia
dibesarkan ibunya dalam keadaan faqir. Dalam asuhan ibunya ia dibekali
pendidikan sehingga pada usia 7 tahun sudah dapat menghapal al-Qur’ān. Ia
mempelajari al-Qur’ān pada Ismā’īl ibn Qaştantīn, Qāri’ kota Mekah di kala itu. Beliau
juga ikut bergabung bersama teman-teman sebayanya di Mekah dalam mempelajari
memanah dengan tekun dan penuh semangat, sehingga kemampuannya mengungguli
teman-temannya. Kemudian ia pergi dari Mekah menuju dusun Bani Huzail untuk
mempelajari bahasa Arab karena di sana
terdapat pengajar-pengajar bahasa Arab yang fasih dan asli. Imām Syāfi’ī
tinggal di Bani Huzail selama kurang lebih 10 tahun, di sana ia belajar sastra Arab sampai mahir dan
banyak menghapal sya’ir-sya’ir dari Imrū’u al-Qais, Zuhaer, dan Jarīr. Dengan
mempelajari sastra Arab, ia terdorong untuk memahami kandungan al-Qur’ān yang
berbahasa Arab yang fasih, asli, dan murni. Imām Syāfi’ī kemudian menjadi orang
terpercaya dalam menguasai sya’ir-sya’ir kaum Huzael.
Sebelum menekuni fiqh dan
ḥadīś, Imām Syāfi’ī tertarik pada puisi, sya’ir, dan sajak bahasa Arab. Ia
belajar ḥadīś dari Imām Mālik di Madinah, dalam usia 10 atau 13 tahun ia telah
dapat menghapal kitab al-Muwaţţa’.
Sebelumnya ia pernah belajar ḥadīś Sufyān ibn ‘Uyainah di Mekah, keduanya
merupakan “Syekh” Imām Syāfi’ī yang terbesar sekalipun ada guru-guru
beliau lainnya.
Imām Syāfi’ī mempunyai
banyak guru, beliau mengambil ilmu dari ulama-ulama yang berada di negerinya,
di antara mereka adalah: Muslim ibn Khālid al-Zanjī (mufti Mekah), Muhammad
al-Syāfi’ī (paman beliau sendiri), ‘Abbās ibn Syāfi’ī (kakek beliau), Sufyān
ibn ‘Uyainah, Fuḍail ibn ‘Iyāḍ, serta beberapa ulama lainnya. Demikian juga
beliau mengambil ilmu dari ulama-ulama Madinah, di antara mereka adalah: Imām
Mālik ibn Anas (mufti Madinah), Ibrāhīm ibn Yahyā al-Aslamī al-Madanī, ‘Abdul
‘Azīz al-Darawardī, Aţaf ibn Khālid,
Ismā’īl ibn Ja’far, Ibrāhīm ibn Sa’ad, serta para ulama lainnya pada tingkatan
mereka. Beliau juga mengambil ilmu dari ulama negeri Yaman, di antaranya:
Muţarrif ibn Māzin, Hisyām ibn Yūsuf al-Qāḍī, dan lainnya. Dan di Bagdād,
beliau mengambil ilmu dari Muhammad ibn al-Ḥasan (ulama bangsa Iraq
dan salah seorang murid Imām Abū Ḥanīfah) beliau bermulazamah bersama ulama
tersebut dan mengambil darinya ilmu yang banyak, Ismā’īl ibn ‘Ulaiyah, ‘Abdul
Wahhāb al-Śaqafī, serta ulama lainnya. Beliau juga mempunyai banyak murid, yang
umumnya menjadi tokoh dan pembesar ulama dan Imām umat Islam, yang paling
menonjol di antara mereka adalah: Aḥmad ibn Ḥanbal (ahli ḥadīś dan sekaligus
ahli fiqh, serta Imām Ahlussunnah dengan kesepakatan kaum muslimin), al-Ḥasan
ibn Muhammad al-Za’farānī, Isḥāq ibn Rahawaih, Harmalah ibn Yaḥyā, Sulaimān ibn
Dāwūd al-Hāsyimī, Abū Śaur Ibrāhīm ibn Khālid al-Kalbī, dan masih banyak sekali
selain mereka.[1]
Imām Syāfi’ī belajar
kepada Imām Mālik di Madinah sampai Imām Mālik meninggal. Setelah itu ia pergi
merantau ke Yaman. Tahun 195 H. al-Syāfi’ī pergi ke Bagdād dan menetap di sana selama 2 tahun.
Setelah itu ia kembali lagi ke Mekah. Pada tahun 198 H. ia kembali lagi ke
Bagdād dan menetap di sana beberapa bulan, kemudian pada tahun yang sama ia
pergi ke Mesir dan menetap di Mesir sampai wafat pada tanggal 29 Rajab sesudah
menunaikan şalat ‘isyā’, kemudian dikuburkan di suatu tempat di Qal’ah yang
bernama Mişr al-Qadīmah.
Ibnu Ḥajar mengatakan bahwa ketika kepemimpinan fiqh di Madinah berpuncak
pada Imām Mālik, Imām Syāfi’ī pergi ke Madinah untuk belajar padanya. Ketika
kepemimpinan fiqh di Iraq
berpuncak pada Abū Ḥanīfah, maka Imām Syāfi’ī pergi ke Iraq untuk belajar kepada Muhammad
ibn Ḥasan al-Syaibānī (salah seorang murid dekat Abū Ḥanīfah). Dengan demikian,
beliau memiliki pengetahuan yang luas dalam berbagai bidang, bahkan beliau
berhasil membangun suatu kekuatan baru dalam dunia fiqh dengan mengkolaborasi
antara fiqh aşḥāb al-ra’yī di Iraq dan fiqh aşḥāb al-ḥadīś di Hijāz.
Dasar-dasar Mażhab Imām Syāfi’ī
Menurut Mustafa
al-Sibā’I, bahwa Imām Syāfi’ī lah yang meletakan dasar pertama tentang kaidah
periwayatan ḥadīś, dan ia pula yang mempertahankan Sunnah melebihi gurunya
(Mālik ibn Anas). Menurut Imām Syāfi’ī, apabila suatu ḥadīś telah şaḥīḥ
sanadnya dan muţţaşil (bersambung sanadnya) kepada Nabi saw maka sudah
wajib diamalkan tanpa harus dikaitkan dengan ‘amalu ahli al-Madīnah sebagaimana
yang disyaratkan Imām Mālik, dan tidak memerlukan banyak syarat dalam
penerimaan ḥadīś sebagaimana yang disyaratkan Imām Abū Ḥanīfah. Karena itu,
Imām Syāfi’ī dijuluki sebagai Nāşiru al-Sunnah (penolong Sunnah Nabi saw)
Imām Syāfi’ī mempunyai
dua pandangan, yang dikenal dengan qaul al-qadīm dan qaul al-jadīd.
Qaul al-qadīm terdapat dalam kitabnya al-Ḥujjah yang dicetuskan di Iraq,
sedangkan qaul al-jadīd terdapat dalam kitabnya al-Umm yang
dicetuskan di Mesir. Adanya dua pandangan hasil ijtihād itu, sangat
dipengaruhi oleh situasi dan kondisi tempat beliau berada. Keadaan di Iraq dan
Mesir memang berbeda sehingga membawa pengaruh terhadap pendapat-pendapat dan ijtihād
Imām Syāfi’ī.
Ketika di Iraq, Imām
Syāfi’ī menelaah kitab-kitab fiqh Iraq dan memadukannya dengan ilmu
yang ia miliki yang didasarkan pada teori ahlu al-ḥadīś. Pendapat al-qadīm
beliau diktekan kepada murid-muridnya di Iraq, di antara mereka yang
terkenal adalah Aḥmad ibn Ḥanbal, al-Ḥusain al-Karābisī, dan al-Za’farānī. Qaul
al-qadīm Imām Syāfi’ī adalah pendapat-pendapat yang dihasilkan dan
merupakan perpaduan antara pendapat ahlu al-ra’yī dan pendapat ahlu
al-ḥadīś. Setelah itu, beliau pergi ke Mekah dan tinggal di sana untk beberapa lama.
Mekah pada waktu itu merupakan tempat yang sering dikunjungi para ulama dari
berbagai negeri Islam. Di Mekah, Imām Syāfi’ī dapat belajar dari mereka yang
datang dari berbagai negeri tersebut dan mereka pun belajar dari Imām Syāfi’ī.
Tampaknya qaul al-qadīm ini didiktekan oleh Imām Syāfi’ī kepada
murid-muridnya (ulama Iraq)
yang datang kepadanya ketika beliau tinggal di Iraq,
sebab beliau ke Iraq
sebanyak dua kali. Kedatangan yang pertama untuk bertemu dan berguru pada
Muhammad ibn al-Ḥasan al-Syaibānī (salah seorang murid Imām Abū Ḥanīfah),
beliau sering mengadakan munāẓarah (diskusi ilmiah) sehingga pemikiran
beliau penuh dengan penguasaan atas diskusi-diskusi tersebut.
Setelah itu, beliau
kembali ke Hijāz dan menetap di mekah. Kemudian kembali lagi ke Iraq dan di sana ia mendiktekan qaul al-qadīm-nya.
Dari sejarah perjalanan beliau tersebut, dapat diperkirakan bahwa pendapatnya
yang disampaikannya di Mekah adalah qaul al-qadīm-nya meskipun pada saat
itu qaul al-qadīm-nya belum disampaikan di Iraq. Qaul al-qadīm merupakan
perpaduan antara fiqh Iraq yang bersifat rasional dan fiqh Hijaz yang bersifat tradisional.
Namun, fiqh yang demikian akan lebih sesuai dengan ulama-ulama dari berbagai
negeri Islam yang datang ke Mekah di saat itu, mengingat situasi dan kondisi
negeri-negeri yang sebagian ulamanya datang ke Mekah pada waktu itu
berbeda-beda satu sama lainnya. Mereka dapat memilih pendapat sesuai dengan situasi dan
kondisi negerinya. Itu pula yang menyebabkan pendapat Imām Syāfi’ī mudah
tersebar ke berbagai negeri Islam.
Setelah kepergiannya ke Iraq
untuk kedua kalinya, Imām Syāfi’ī kemudian ke Mesir. Di Mesir inilah tercetus qaul
al-jadid-nya yang diajarkannya kepada murid-muridnya (di antara mereka yang
terkenal adalah: al-Rabī’, al-Murādī, al-Buwaiţī, dan al-Muzanī). Qaul
al-jadīd tersebut tercetuskan setelah beliau bertemu dengan ulama-ulama
Mesir, mempelajari fiqh dan ḥadīś dari mereka, serta adapt istiadat dan kondisi
Mesir ketika itu, sehingga terdapat perubahan sebagian hasil ijtihād-nya
yang telah difatwakannya di Iraq.
Jadi kandungan qaul al-jadīd merupakan hasil ijtihād Imām Syāfi’ī
setelah kepindahan beliau ke Mesir yang tertuang dalam kitabnya al-Umm.
Adapun pegangan Imām
Syāfi’ī dalam menetapkan hukum adalah al-Qur’ān, Sunnah, Ijmā’, dan Qiyās.
Hal ini sesuai dengan yang disebutkan Imām Syāfi’ī dalam kitabnya al-Risālah,
sebagai berikut: “Tidak boleh seseorang mengatakan dalam hukum selamanya,
ini halal, ini haram, kecuali kalau ada pengetahuan tentang itu. Pengetahuan
itu adalah kitab suci al-Qur’ān, Sunnah, Ijmā’, dan Qiyās”.
Pokok pikiran Imām
Syāfi’ī dapat dipahami dari perkataannya yang tercantum dalam kitabnya al-Umm,
sebagai berikut: “Selama al-Qur’ān
dan Sunnah masih tetap ada, maka tidak ada użur bagi siapapun yang mendapatinya
kecuali mengikuti keduanya, apabila tidak terdapat dalil pada keduanya, maka
mengambil perkataan-perkataan para Sahabat Rasūlullāh saw atau salah seorang di
antara mereka, kemudian mengikuti perkataan para Imām seperti Abū Bakar, ‘Umar,
‘Uśmān, adalah lebih kami sukai … apabila tidak terdapat dalil dari para Imām
(pemuka) dari para Sahabat, maka mengambil dari perkataan para Sahabat
Rasūlullāh saw lainnya, sebab mengambil
dalil dari mereka lebih kami utamakan daripada orang-orang yang datang setelah
mereka”.[2]
Imām Syāfi’ī juga membagi tingkatan ilmu sebagai
berikut: 1). al-Qur’ān dan Sunnah, jika Sunnah tersebut śābit.;
2). al-Ijmā’ terhadap sesuatu yang tidak terdapat dalam al-Qur’ān dan
Sunnah.; 3). Perkataan sebagian Sahabat Nabi saw dan tidak diketahui ada yang
menyelisihi pendapat mereka.; 4). Ikhtilāf (perbedaan pendapat) para Sahabat Nabi saw
dalam masalah tersebut.; 5). al-Qiyās
pada sebagian dari tingkatan di atas.[3] Imām Syāfi’ī pernah ditanya tentang perbedaan pendapat yang
terjadi di kalangan Sahabat ra., maka beliau menjawab: “Kami akan mengambil
pendapat yang sesuai dengan al-Qur’ān, Sunnah, Ijmā’, atau pendapat yang
lebih sesuai dengan al-Qiyās.[4]
Adapun pendapat Imām Syāfi’ī mengenai
al-ijmā’ antara lain: 1). Bahwa
kedudukan ijmā’ berada dibawah tingkatan Sunnah, tidak semisal
dengannya, dan bukan merupakan bagian dari Sunnah tersebut.; 2). Bahwa al-ijmā’ merupakan perkataan yang
bersifat umum dari para Sahabat ra. dan juga generasi setelah mereka, inilah
yang diistilahkan oleh Imām Syāfi’ī dengan أَمْرٌ
أَجْمَعَ النَّاسُ عَلَيْهِ “perkara yang disepakati”.; 3). Menurut pendapat kami bahwasanya al-Sunnah
berada pada martabat yang satu, yang lebih didahulukan dari al-ijmā’. Beliau berkata: ilmu adalah
apa yang terdapat dalam al-Qur’ān, Sunnah, al-Ijmā’, atau al-Qiyās.[5]
Dari perkataan beliau
tersebut, dapat diambil kesimpulan bahwa pokok-pokok pikiran beliau dalam meng-istinbāţ-kan
hukum adalah sebagai berikut:
a. Al-Qur’ān
dan al-Sunnah
Imām Syāfi’ī memandang
al-Qur’ān dan Sunnah berada dalm satu martabat. Beliau menempatkan Sunnah
sejajar dengan al-Qur’ān karena menurut beliau, Sunnah itu menjelaskan
al-Qur’ān, keduanya adalah wahyu, meskipun kekuatan Sunnah secara terpisah
tidak sekuat seperti al-Qur’ān.
Dalam penerapannya, Imām
Syāfi’ī menempuh cara bahwa apabila di dalam al-Qur’ān tidak ditemukan dalil
yang dicari, ia menggunakan ḥadīś mutawātir, jika tidak ditemukan dalam
ḥadīś mutawātir, ia menggunakan khabar āḥād, jika tidak ditemukan
dalil yang dicari, maka beliau menetapkan hukum berdasarkan ẓahir al-Qur’ān dan
Sunnah secara berurut. Dengan teliti beliau mencoba menemukan mukhaşşiş dari
al-Qur’ān dan Sunnah. Selanjutnya menurut Sayyid Muhammad Musa dalam kitabnya al-Ijtihād, Imām Syāfi’ī jika tidak
menemukan dalil dari ẓahir naş al-Qur’ān dan Sunnah serta
tidak menemukan mukhaşşiş-nya, maka ia mencari apa yang pernah dilakukan
Nabi atau keputusan Nabi, kalau tidak ditemukan juga, maka ia mencari bagaimana
pendapat dari ulama Sahabat, jika ditemukan ada ijmā’ dari mereka
tentang hukum masalah yang dihadapi, maka hukum itulah yang ia pakai.
Imām Syāfi’ī walaupun berhujjah dengan ḥadīś āḥād, namun ia tidak
menempatkannya sejajar dengan al-Qur’ān dan ḥadīś mutawātir. Beliau
telah menjelaskan secara rinci mengenai kedudukan khabar āḥād sebagai
suatu hujjah dalam kitabnya al-Umm. Dalam menerima ḥadīś āḥād beliau
mensyaratkan beberapa persyaratan yang dapat disimpulkan sebagai berikut: 1).
Perawinya terpercaya. Beliau tidak menerima ḥadīś dari orang yang tidak
terpercaya; 2). Perawinya berakal, memahami apa yang diriwayatkannya; 3).
Perawinya ḍābiţ (kuat ingatannya); 4). Perawinya benar-benar mendengar
sendiri ḥadīś itu dari orang yang menyampaikan kepadanya; 5). Perawi itu tidak
menyalahi para ahli ilmu yang tidak meriwayatkan ḥadīś itu.[6]
b. Ijmā’
Imām Syāfi’ī mengatakan
bahwa ijmā’ adalah hujjah, dan ia menempatkan ijmā’ ini
sesudah al-Qur’ān dan Sunnah, sebelum Qiyās. Ijmā’ dipakai atau diterima
pada masalah-masalah yang tidak diterangkan dalam al-Qur’ān dan Sunnah. Ijmā’
yang dimaksud oleh beliau adalah ijmā’ ulama pada suatu masa di
seluruh dunia, bukan ijmā’ pada suatu negeri saja atau suatu kaum saja,
dan beliau berpendapat bahwa ijmā’ para Sahabat merupakan ijmā’ yang
paling kuat.
Disamping itu, beliau
berpendapat bahwa tidak mungkin segenap masyarakat muslim (para ulama)
bersepakat dalam hal-hal yang bertentangan dengan al-Qur’ān dan Sunnah. Ijmā’
yang dipakai Imām Syāfi’ī sebagai dalil hukum itu adalah ijmā’ yang
disandarkan kepada naş atau ada landasan riwayat dari Rasūlullāh saw,
secara tegas beliau berpendapat bahwa ijmā’ yang berstatus dalil hukum
adalah ijmā-nya para sahabat.
Imām Syāfi’ī hanya mengambil ijmā’ şarīḥ sebagai dalil hukum, dan
menolak ijmā’ sukūtī sebagai dalil hukum. Alasannya menerima ijmā’
şarīḥ, karena kesepakatan itu disandarkan kepada naş dan berasal
dari semua mujtahid secara jelas dan tegas sehingga tidak mengandung
keraguan. Sementara alasannya menolak ijmā’
sukūtī karena tidak merupakan
kesepakatan semua mujtahid secara jelas, diamnya sebagian mujtahid, menurutnya
belum tentu menandakan persetujuan mereka.
c. Qiyās
Imām Syāfi’ī menjadikan qiyās
sebagai hujjah dan dalil keempat setelah al-Qur’ān, Sunnah, dan ijmā’
dalam menetapkan hukum. Beliau adalah mujtahid pertama yang
membicarakan qiyās dengan patokan kaidahnya dan asas-asasnya. Mujtahid
sebelum beliau sekalipun telah menggunakan qiyās namun belum
mempunyai patokan kaidah serta asas-asasnya, bahkan dalam praktek ijtihād secara
umum belum mempunyai patokan yang jelas sehingga sulit diketahui mana hasil ijtihād
yang benar dan mana yang keliru. Di sinilah, Imām Syāfi’ī memunculkan
metode qiyās, memberikan kerangka teoritis dan metodologinya dalam
bentuk kaidah-kaidah rasional, namun tetap praktis. Sehingga Imām Syāfi’ī
sangat pantas diakui dengan penuh penghargaan sebagai peletak pertama dasar
metodologi pemahaman hukum dalam Islam sebagai suatu disiplin ilmu yang dapat
dipelajari dan diajarkan sampai saat ini.
Adapun dalil penggunaan qiyās,
Imām Syāfi’ī mendasakannya pada firman Allah SWT dalam al-Qur’ān, yang
berbunyi:
“…Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang
sesuatu, maka kembalikan ia kepada Allah (al-Qur’ān) dan Rasul-Nya (Sunnah)…”.(QS. Al-Nisā’ (4):59).[7]
Imām Syāfi’ī menjelaskan
bahwa maksud “kembalikan kepada Allah dan Rasul-Nya” itu adalah meng-qiyās-kannya
dengan salah satu dari al-Qur’ān atau Sunnah.
Selain berdasarkan
al-Qur’an, Imām Syāfi’ī juga berdasarkan Sunnah dalam menetapkan qiyās sebagai
ḥujjah, yaitu ḥadīś tentang dialog Nabi saw dengan sahabat yang bernama
Mu’āż ibn Jabal ra., ketika ia diutus ke negeri Yaman: “Bagaimana jika engkau
memutuskan perkara bila diajukan kepadamu ?”, Mu’āż menjawab: “Saya putuskan
berdasarkan Kitābullāh”, Rasūlullāh bertanya lagi: “jika tidak ditemukan ?”,
Mu’āż menjawab: “jika tidak ditemukan maka dengan Sunnah”, Rasūlullāh bertanya
lagi: “jika tidak ditemukan ?”, Mu’āż menjawab: “jika tidak ditemukan dalam
Sunnah, maka saya akan berijtihād dengan pendapat saya dan tidak
mengabaikan perkara tersebut”.
Kata dalam ḥadīś di atas,
merupakan suatu usaha maksimal yang dilakukan mujtahid dalam rangka menetapkan
hukum suatu kejadian, yang dalam istilah ahli uşūl al-fiqh disebut
dengan ijtihād. Menetapkan hukum dengan cara menganalogikan adalah salah
satu metode dalam ber-ijtihād. Jadi, ungkapan ijtihād dalam ḥadīś
tersebut adalah termasuk cara menetapkan hukum dengan qiyās, bahkan Imām
Syāfi’ī memberikan konotasi yang sama antara ijtihād dan qiyās.
Menurut beliau, peristiwa
apapun yang dihadapi kaum muslimin, pasti didapatkan petunjuk tentang hukumnya
dalam al-Qur’ān, sebagaimana yang dikatakannya dalam al-Risālah sebagai
berikut: “Tidak ada satu peristiwa pun yang terjadi pada penganut agama Allah (yang
tidak terdapat ketentuan hukumnya), melainkan didapatkan petunjuk tentang cara
pemecahannya dalam Kitābullāh”. Ketegasan Imām Syāfi’ī ini didasarkan pada beberapa
ayat dalam al-Qur’ān, di antaranya adalah: “… Dan kami turunkan kepadamu Al Kitab (Al Quran) untuk
menjelaskan segala sesuatu dan petunjuk serta rahmat dan kabar gembira bagi
orang-orang yang berserah diri”.(QS.
al-Naḥl (16):89).[8]
[1] Syihābuddīn
Aḥmad ibn ‘Alī ibn Ḥajar al-Asqalānī, ibid., h. 23-24.
[2]Rif’at
Fauzī ‘Abdul Muţţalib, Muqaddimah al-Taḥqīq, dalam Muḥammad ibn Idrīs al-Syāfi’ī, al-Umm, Juz.
I.,
(Cet. I; al-Manşūrah: Dār al-Wafā’, 1422 H./2001 M.), h. 19.
[3]Ibid.
[4]Ibid.,
h. 20.
[5]Ibid.
[6]Muḥammad
ibn Idrīs al-Syāfi’ī, ibid., h. 183.
[7]Kementrian
Urusan Agama Islam, Wakaf, Da’wah dan Irsyad Kerajaan Saudi Arabia,
Al-Qur’ān dan Terjemahnya, (t. Cet; Madinah: Percetakan al-Qur’ān
al-Karim Raja Fahd, 1426H), h.
[8]Ibid.,
h.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar